-->

Memanfaatkan Batang Pisang Sebagai Media Tanam Sayuran

Akhirnya bisa menulis lagi, pada artikel ini saya tertarik membuat media sayuran dari gedebog pisang. Artikel ini terinspirasi dari salah satu majalah pertanian terkemuka Trubus. Beruntung di belakang rumah saya ada banyak sekali batang pisang yang sudah ditebang dan belum dimanfaatkan hehe.

Selain dijadikan pupuk kompos bokashi, gedebog pisang ternyata punya manfaat besar sebagai media tanam sayuran. Kandungan airnya yang tinggi mampu menghemat air hingga 60%. Gedebog pisang juga diketahui memiliki kandungan antrakuinon, saponin, dan flavonoid yang berperan menyurbukan bulu-bulu akar sehingga unsur hara dapat mudah terserap oleh tanaman.

Memanfaatkan batang pisang sebagai media tanam sangat cocok untuk kebun berbasis pekarangan, selain meminimalisir tempat juga sebagai daya tarik yang unik. Lalu bagaimana cara budidaya sayuran memanfaatkan batang pisang sebagai media tanam? Let's check it out!
1. Siapkan bahan dan peralatan yaitu bibit sayuran, gedebog/batang pisang, tanah+bokashi (2:1), gergaji, linggis dan palu.
2. Potong batang pisang dengan gergaji agar terlihat rapi di kedua sisi ujung dan pangkal.

3. Buat lubang tanam 15 cm x 15 cm x 15 cm dengan batuan linggis dan palu. Jarak tanam menyesuaikan sesuai lebar tajuk tanaman nantinya. Jika gedebog pisang cukup besar bisa dibuat 2 lajur lubang per baris.

media gedebog pisang
4. Masukkan media tanah dan bokashi yang telah tercampur rata ke dalam lubang tanam.
gedebog pisang sebagai media
5. Tanam bibit yang telah disemai atau langung masukkan benih sayur seperti sawi, selada dll.
media sayur unik
Untuk perawatan cukup mudah, tidak perlu melakukan penyiraman berkala karena media tanah akan lembab oleh kandungan air dalam gedebog pisang. Pemupukan cukup dengan Pupuk Organik Cair (POC) seminggu sekali sesuai takaran dosis. Bagaimana? tertarik mencoba di rumah?

Hasilnya insyaallah akan saya posting beberapa minggu ke depan.. maksudnya saat panen :D. Kunjungi terus www.yugoblog.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Memanfaatkan Batang Pisang Sebagai Media Tanam Sayuran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel