-->

Suasana Belajar di Kampung Inggris Pare

suasana belajar di kampung inggris pare Hello Everyone, what are you looking for? I'm sure the people who visited this article wanna get some information about kampung inggris Pare hehe. Okay today i wanna tell about Kampung Inggris in Pare Kediri. So i just wanna say welcome to you who visit this article.

Sebelumnya masih banyak yang mengira kampung inggris berada di Sulawesi Selatan sebab disana ada nama kota yang bernama Pare-pare. Tapi siapa sangka, kampung inggris pare merupakan sebuah nama kecamatan yang berada di Kabupaten Kediri, Jawa Timur tepatnya di Desa Tulungrejo Kecamatan Pare. Jadi buat kamu yang ingin kesana, jangan sampai salah alamat ya...

Sebelum masuk ke inti dari artikel yuk kita kenalan dulu sama sejarah Kampung inggris secara singkat. Kampung Inggris mulai dikenal sebagai pusat bahasa inggris berkat jasa Pak Kallen (di Pare terkenal dengan sebutan Mr. Kallen). Beliau merupakan pioneer lembaga Bahasa di kawasan Pare. Pada saat itu, sekitar era 70an beliau mengajar bahasa inggris untuk 2 mahasiswa dari Jakarta. Tak lama setelah mereka belajar dari sana, mereka mampu lulus tes bahasa inggris sesuai tujuan belajar mereka bersama mr. Kallen. Setelah itu banyak mahasiswa yang berdatangan ke kampung Inggris untuk belajar sehingga semain lama muridnya semakin banyak. Beliau kemudian mendirikan sebuah lembaga kursus bernama BEC (Basic English Course). Waktu terus berlalu, desa tersebut terus berkembang dan mulai banyak lembaga-lembaga kursus lain yang berdiri. Hingga sekarang ada sekitar lebih dari 100 lembaga kursus yang berdiri dan sebagian besar pendirinya adalah murid Mr. Kallen sendiri, Wah hebat!.

Mengenai suasana belajar, hampir sama dengan lembaga Kursus biasa di kota-kota besar. Kita belajar tetang vocabulary, pronounciation, speaking class dan Grammar. Tapi ada yang spesial, di pare kita bukan cuma belajar di ruangan, dimana-mana adalah kelas baik di camp, di jalan, di warung bahkan di rumah warga pun :D. Sebab disini kita ditekankan untuk selalu menggunakan bahasa inggris, jadi belajarnya setiap waktu. Yang paling seru adalah jika ada temen kamu atau kamu sendiri yang keceplosan ngomong bahasa Indonesia, nah siap-siap aja masuk ke zona punishment, ada banyak jenis punishment, dari melakukan orasi teriak-teriak di pinggir jalan pake muka cemong sampai membayar denda, ya sesuai ketentuan dari camp.

Waktu belajar dimulai pada pukul 5 pagi ya... ingat 5 pagi sampai dengan pukul 21.00. Schedulenya full? nggak kok... waktu istirahatnya juga ada dan waktunya sudah dibagi. Tempat kursus saya kemarin ada 6 program (terbagi 2 Program camp dan 4 program kelas) setiap program rata-rata 90 menit, namun disitu gak melulu belajar lho, Kadang kita pergi ke luar kelas untuk refreshing, tapi tetep keep your english. Suasana belajarnya juga seru, belajarnya jarang banget serius, banyak serunya tapi materinya masuk ke otak, gak bosen.

Oh iya, di Pare sistem kekeluargaannya juga sangat erat. Kita akan banyak kenalan dengan siswa dari berbagai penjuru daerah, istilahnya Unity in Diversity. Satu lagi, yang belajar di pare bukan hanya para pelajar, ada juga yang sudah bekerja dan jelas, umurnya jauh dari kita. Tapi meskipun beda umur, saya pastikan orang-orangnya asyik kok.. kan tujuannya belajar. Pengalaman saya kemarin saya selalu ketemu bapak-bapak setiap pergantian periode, jangan ragu ngobrol apa saja, siapa tau diangkat mantu pengalamannya banyak jadi bisa berbagi cerita untuk menambah wawasan kita, tapi pake bahasa inggris ya... Lumayan selain belajar bahasa jg dapet ilmu baru dari sepuh. Asyik pokoknya kalo sudah belajar di Pare.

Di Pare biasanya disediakan Camp, jadi gak perlu milih tempat kost, biayanya juga lebih murah karena sudah satu paket sama program kursus. Kalo disuruh milih, saya sarankan pilih saja yang sudah ada paket campnya. Kenapa? Ya untungnya banyak, program camp biasanya diawasi langsung oleh tutor, jadi lebih disiplin dan dijamin bahasa kamu akan semakin meningkat setiap hari, berbeda dengan di kost. Selain itu kekeluargaan di camp juga dapet, apalagi suka dukanya heeee.

By the way, buat kamu yang mau belajar di Pare, silahkan dipersiapkan segala kebutuhanmu di sana. Mulai dari transportasi, akomodasi dan lain-lain. Khusus penentuan tempat kursus sesuai pilihan masing-masing, betah atau tidaknya anda di pare tergantung cara kamu. Periode kursus bermacam-macam, mulai dari 1 minggu sampai berbulan-bulan sesuai kebutuhan. Untuk biaya hidup jangan cemas, disini harga untuk makan-minum murah sekali, jika kamu berasal dari luar jawa pasti akan terkejut, terlebih lagi ada banyak tempat rekreasi yang bisa kamu kunjungi. Berikut Rincian Biaya Hidup di Kampung Inggris Pare Selama Sebulan. Baik Saya rasa cukup mengingat jari saya sudah keriting, hehe. Okay saya cukupkan dulu sampai disini ya. Silahkan jika ada pertanyaan tulis saja di komentar di bawah ini. See ya!

NB: Mohon maaf belum bisa ngasih dokumentasi karena terlalu banyak foto yang sifatnya pribadi dan saya pikir..... itu ALAY -beruntung sudah kembali ke jalan yang benar-

Berlangganan update artikel terbaru via email:

24 Responses to "Suasana Belajar di Kampung Inggris Pare"

  1. Kampung Inggris, ya. DI tempat gue ada tuh, tapi belum sempet ke sana. Bakalan ke sana juga, buat ngisi jalan-jalan. Cuman, gak tau kapannya. :D

    Kalo gue sih, setuju sama yg lo bilang bro. Mending ambil paketnya aja, jadi lebih gampang dan menrut gue akan jadi lebih irit. Nah, di camp itukan semuanya pada mau belajar, jadi kalo ada yg gak ngerti, bisa saling diskusi.

    Btw, kalo emang fotonya banyak alay. Harusnya coba ambil angle di gerbang mungkin. Atau tempat2 belajarnya. Saran aja, sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu masalahnya kang... Gak ada foto yg bener2 pure tanpa foto alay gue :) mau dipotong tapi hasilnya cuma setengah b-(

      Hapus
  2. Before salam kenal, ya.
    Aku tau kampung inggris dari salah satu temanku. Dia pernah rencana sambil nunggu umurnya 18th pas lulus mau ke kampung inggris, sekalian bangun skill-nya, eh tapi kagak jadi karena aku dan temanku lain ngedoain dia biar nggak ke sana HAHAHA jahat ya. Maklum tida bisa jauh. Huek.
    .
    Hah iya, yang sepuh paling sepuh juga ada di sana? Waaahhh kayak benar-benar serasa di kampung ya. Apalagi kalau kita tinggal di sana langsung. Pengen ih, tapi entah dibolehin nggak sama mama papa. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Didiskusikan dulu sama ortu... Kalo niatnya belajar kayaknya dibolehin deh :D

      Hapus
  3. Udah sering denger nih tentan kampung inggris, dari tiga tahun lalu pengen banget kesana tapi belom kesampean.

    Iya bener juga kata pang-wortel, penasaran nih sama wujid kampungnya, kelasnya, sama campnya. Biar ada bayangan aja gitu kalo ke sana nanti gimana.

    Terus kan katanya di sana tuh ada banyak lembaga kursusnya ya? Jelasin juga dong tentang itu sekalian rincian biaya paketnya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum sempet nulis rincian sih... Nanti secepatnya akan saya posting

      Hapus
  4. udah pernah denger tentang kampung inggris ini, tapi ga begitu tau tentang sejarah sama sistem kursusnya hehe.. btw, bahasa inggris gue poor banget, jadi pengen ngisi waktu liburan semester di kampung inggris ini, siapa tau bisa ketemu bapak-bapak yang mau ngangkat jadi mantu #lho

    ditunggu ya postingan rincian biaya tinggal disana, hehe.. salam kenal :v

    BalasHapus
  5. Wuih, hebat kali mr kallen itu

    Btw, seru juga tuh bisa intro pakai sslpeaking english

    Tapi sayang nggk ada dilampung, kalo ada saya pasri udah belajar disana......hmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ada di Lampung saya jg mau ke sana mas. Hehehee

      Hapus
  6. Berkali-kali denger dan baca tentang Kampung Inggris ini. Tapi belum pernah sama sekali kesana. Sekalinya ke Pare malah jagain ortu yg sakit di RS.. :(

    Sebenernya pengen banget buat coba ikut kursus disana. Cuma entah kenapa kesempatannya belum juga ada. Padahal Pare juga gak begitu jauh dari rumahku.

    Semoga nanti lah ada kesempatan buat cobain kursus disana.. :)

    Ada yang mau bareng?
    Heheeee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada orang jawa timur asli kayaknya nih. Salam kenal mas :)

      Hapus
  7. Byuh, aku udah brencana mau ke sana tapi gagal mulu. Hahah belum ada kesempatan. Di sana memang enak ya suasananya, apalagi orang Kediri kan ramah-ramah. Ciee...

    Biaya kursusnya juga nggak mahal-mahal amat kan? Tapi ya harus sediakan waktu memang. Minimal satu minggu untuk full trip di sana. Apa? Trip? Adventure kalo gitu. Ke tempat di mana semuanya bahasa asing, apalagi kalau namanya bukan berpetualang?

    BalasHapus
  8. Ciye nak kampung inggris nih ye..
    Senengnya daerahku dipromosiin sama blogger, yuk datang ke kampung inggris.
    Udah berapa lama di pare? Siapa tahu bisa meet up, hahahahaha

    Aku ada rencana buat kursus juga sih, tapi nanti kalau surat pindah kerjaku udah turun ke kediri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu dua bulan mbak... sekarang sudah pulang hihi enak nih mbak rumahnya deket sama kampung inggris :D

      Hapus
  9. Awalnya sih aku kira pare pare ada di Sulawesi jg. Tapi setelah tau ternyata di Jatim hehe
    Sebenarnya pengin ke sana jg bljr bhs Inggris tapi waktu ga memungkinkan hehehe nice info moga2 betah kalau kesana

    BalasHapus
  10. keknya udah sekian kalinya gue baca artikel tentang kampung inggris ini, bikin kepengen, waktu gue smp bang, gue pernah ditawarin untuk belajar disana selama 2 bulan, tapi sayangnya orang tua gue belum ada biayanya buat ngeberangkatin gue ke sana, oh ternyata seperti ini kampung inggris, keren.

    BalasHapus
  11. Banyak temen2 gue yang udah ke pare. Dan.. kayaknya si emang langsung pinter bahasa inggrisnya. Terbukti semua sosial media isinya bahasa inggris. Hehe

    Gue baru tau sejarah pare itu kayak gitu. Keren!!!

    BalasHapus
  12. saya malah pengen biki kampung inggris sendiri di sini Cirebon. Supaya nggak usah jauh-jauh ke Kediri kang hahaha

    tapi memang merintis nggak semudah yang di bayangkan. but I'll keep trying ;))

    Seru juga yah suasana disana. dulu juga sempet pengen ngambil yang sebulan tapi gagal karena ndak ada duite hehe

    BalasHapus
  13. ih pengen ih, ke kampung inggris. aku juga punya rencana liburan ke sana. kapan kapan. waktu dan biaya belum bersahabat. masih tahapan menabung dan menabung hehe.
    dari cerita cerita kayaknya seru banget ya belajar bahasa inggris di sana

    BalasHapus
  14. Pare Pare emang udah terkenal banget ya...temen temen gue yabng pernah ke situ juga bilang kalo tempatnya asik abissss!! Gue jadi pingin ke situ, pingin bisa kenalan sama orang orang dari background yang bermacam macam dan bisa ngomong full day with English..pasti seruuu..dan yang paling gue pingin karena di sana banyak tempat wisata. bisa belajar sambil travelling. Yeayyy!!!!

    BalasHapus
  15. gak mesti sebulan ya di sana... asyik banget nih.. :)

    BalasHapus
  16. Udah sering denger soal kampung Inggris ini, cuma emang belum sempet ke sini karena tempatnya lumayan jauhhhhh. Sayang ga banyak foto-fotonya, padahal gua penasaran tuh pengen liat kegiatan belajar-mengajar di tempat ini hehehe

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel